Minggu, 10 Maret 2013

Kado Buat Pemimpin - Sinopsis



Kado Buat Para Pemimpin dan Politisi
eBook Kado Buat Pemimpin, sebuah buku rekam jejak pemikiran penulis yang mencatat serentetan peristiwa kehidupan bernegara di negeri yang berulang kali menghadapi resiko kebangkrutan karena kebanyakan para pemimpinnya lupa sejarah atau pura-pura lupa tergilas oleh glamournya kekuasaan yang didesign oleh kapitalis predator Imperialis Barat dan Timur Asing. Kemewahan hedonism yang dipertontonkan para pengusaha kapitalis dan sebagian besar penyelenggara negara telah melukai hati rakyat pemilik sejati negeri ini. Jutaan pengusaha UKM setiap tahun berguguran, Puluhan juta rakyat Indonesia bergelimang kemiskinan, kelaparan dan bencana yang diciptakan oleh tangan-tangan serakah perampas kekayaan alam Indonesia demi pundi-pundi kekayaan pribadi dan kelompoknya. Kerinduan rakyat memiliki negeri yang bertabur keadilan, kemakmuran dan kedamaian nyaris hanya mimpi yang entah kapan dapat terwujud.

Malang nian nasib rakyat Indonesia. Rakyat yang sudah lelah menderita selama 350 tahun dalam penjajahan fisik Belanda, 3,5 Tahun dijajah Jepang. Kini setelah merdeka, sudah 67 tahun rakyat harus juga menderita karena “dijajah” oleh bangsanya sendiri. 


Perilaku sebagian besar pemimpin sudah tak santun lagi. Politisi berkarakter mafia itu   membuat rakyat geram melihatnya. Sejarah mencatat, bahwa para pemimpin kita disanjung di awal kekuasaannya dan dihujat hingga dinista di ahir kekuasaannya. Negeri yang kaya sumber daya alam ini, dari masa ke masa, menjadi arena perebutan kekuasaan elit politik hampir di semua lapisan. Partai politik sudah menjadi industry yang menempatkan rakyat sang pemilik kedaulatan sesungguhnya menjadi objek komoditi kekuasaan.

Dari rentang sejarah yang diuraikan dalam buku ini menunjukkan indikasi, bahwa negeri khatuliswa warisan nenek moyang dan para pahlawan bernama Republik Indonesia sudah tergadai, dikuasai oleh kapitalis predaktor yang melahirklan para kleptokrat. Mereka piawai berkolaborasi merampok uang rakyat dengan beragam praktek korupsi, kolusi dan nepotisme hingga membuat bumi pertiwi Indonesia beberapa kali nyaris bangkrut atau bisa jadi sudah “Bangkrut”. Negeri yang kaya  ini hanya bisa  mewarisi setumpuk hutang di tengah puluhan juta rakyat yang miskin. Hal tersebut tidak aneh, karena sejak awal,  kondisi Indonesia yang subur makmur kaya akan sumber daya alam ini telah membuat Presiden Richard Nixon menginginkan kekayaan alam Indonesia diperas sampai kering. Dan rupanya, ambisi mendiang mantan penguasa Amerika itu sudah tercapai berkat bantuan sebagian besar pemimpin dan politisi kita yang bermental imperialis.

Buku yang ditulis setebal 298 halaman ini mencoba mengurai benang merah masalah yang dihadapi sekaligus menawarkan alternative untuk kembali merangkai negeri dengan nilai-nilai spriritual kepemimpinan yang dibawakan Rasul Allah dan nilai nilai luhur falsafah budaya yang  dicontohkan oleh nenek moyang nusantara. Buku Kado Buat Pemimpin bisa dikatakan surat terbuka kepada para pemimpin negeri ini (Indonesia). Dibuat dengan harapan menjadi penyadar dari ketidaksadarannya, agar kembali pada tatanan politik yang santun berdasarkan prinsif-prinsif kebenaran, menjunjung tinggi semangat  kebersamaan, kesetaraan dan keadilan dalam segala asfek fungsi, hak dan tanggung jawab sebagai politisi dan penyelenggara negara. Kembali menata negeri dengan sifat politik kenegarawanan. Sehingga tidak ada lagi yang dikecewakan oleh karena tidak terpenuhinya prinsif-prinsif dimaksud yang ahirnya memicu rakyat untuk mangkir, pasif, apatis, skeptis untuk turut serta dalam pembangunan, bahkan “memberontak” menolak eksistensi pemimpin atau politisi yang kinerjanya dinilai tidak memenuhi harapan rakyat.

Sebagai bangsa penganut ajaran agama dan kaya akan budaya, tentu tidak boleh menyerah pada kenyataan yang membelit nasib negerinya. Untuk itulah buku ini andil berupaya berbuat bagi terbangunnya kembali kesadaran spiritual - moral anak bangsa melalui pencerahan bagi adanya perubahan. Agar anak bangsa terbebas dari belenggu imperialisme modern yang menyelimuti Indonesia. Agar para pemimpin, birokrat dan politisi yang bermental imperialis kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Penulis yakin, rakyat berharap dari rahim reformasi, tercipta proses demokrasi lahirnya Pemimpin berkualifikasi negarawan. Pemimpin yang diharapkan benar-benar menjadi refresentasi suara rakyat. Pemimpin yang dapat berperan sebagai pengayom, pelindung dan pelayan bagi rakyatnya. Pemimpin yang dapat menjadi jembatan aspirasi rakyatnya. Sehingga dari pemimpin yang adil, bijaksana, berani dan tegas dalam kebenaran itulah, melalui proses yang transfaran dalam pengelolaan, akan selalu melahirkan produk hukum dan kebijakan yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

Buku “Kado Buat Pemimpin” dibuat oleh penyusun dengan bahasa yang sederhana. Merekam jejak kekuasaan para pemimpin di era Orde Lama, Orde Baru hingga Orde Reformasi disertai dengan setumpuk prestasi gemilang, masalah dan skandal yang dihasilkannya. Rakyat sebagai pemilik kedaulatan sesungguhnya, tentunya berhak untuk kecewa ketika harapannya terabaikan. Karena negeri yang subur makmur ini ternyata tidak dapat memakmurkan rakyat pemilik negeri itu sendiri.

Buku ini berusaha mengingatkan kepada semua elemen berkualifikasi pemimpin, khususnya pemimpin penyelenggara Negara dan Politisi. Penulis mengajak pambaca, untuk  mengingatkan kita semua, bagaimana negeri ini menjadi lahan subur kapitalis dan kleptokrat hingga jatuh miskin. Penulis mengajak diri sendiri dan semua anak bangsa untuk kembali mengamalkan konsep kepemimpinan yang berakar sumber dari agama dan falsafah budaya yang melahirkan system universal, tidak lekang ditelan jaman serta terbukti mampu mengukir kejayaan nusantara. System yang sekarang banyak diabaikan oleh para pemimpin dan politisi  kita karena terbius oleh teori politik dan budaya kepemimpinan ala barat dan timur asing. Ironisnya paham kepemimpinan Barat dan Timur Asing diagungkan oleh kebanyakan pemimpin di setiap tingkatan kekuasaan negeri ini. Praktek menghalalkan segala cara pun dianggap hal yang biasa, menjadi tuhan baru dalam pengelolaan negeri yang dimandatkan kepadanya. Akibat dari salah urus dalam mengelola negeri, kesuburmakmuran tanah air, menjadi tidak sertamerta memberi kesejahteraan bagi rakyat.

Pada bagian ahir buku ini diuraikan,  bagaimana krisis multidimensi dan kerusakan planet bumi telah mengancam kehidupan penduduk bumi termasuk Indonesia. Kejahatan pada alam semesta yang dibuat oleh tangan-tangan manusia serakah telah menuai banyak bencana seperti bencana-bencana yang pernah menimpa ummat terdahulu yang di masa hidupnya dipenuhi oleh nafsu keserakahan dan kekuasaan. Membaca buku ini menjadi keharusan bagi anak bangsa yang merindukan negeri yang adil, makmur dan  sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia. By Suryana Slamet

Tentang eBook "Kado Buat Para Pemimpin", hubungi email atau Hub/SMS 0812 8673 4343



Links luar terkait
Politik Rakyat dan Tanggungjawab Pemimpin
Bung Karno TokohPemimpin Merakyat
Pemimpin dan Rakyatnya
Jokowi Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker Resensi Buku
The Leader of The People
Konsep Kepemimpinan dalam Islam
Menentukan Pemimpin Menurut Islam
Pengertian Kepemimpinan dalam Islam
Pemimpin dan Kepemimpinan Menurut Islam 
Perspektif Pemimpin dalam Islam
Pemimpin Islam Paling Berpengaruh di dunia 
Pemimpin dalam Islam 
Kisah Keadilan Para Pemimpin Islam 

Books about Islam Leader  
Islamic Leader