Jumat, 14 Juni 2013

25 Alternatif Mendapat Beasiswa



Musim ujian atau di ahir tahun ajaran orang tua dan siswa sibuk mempersiapan program belajar selanjutnya. Berbagai informasi dicari untuk mencari perguruan tinggi yang baik dan sesuai cita-cita. Tidak sedikit karena tujuan pendidikan atau etos belajarnya untuk mencari pekerjaan yang basah (basah; pengertiannya enak, gaji/penghasilan besar dengan fasilitas yang melimpah) atau karena alasan gengsi menembus perguruan tinggi pavorit bahkan dengan segala cara. Ada yang jalan belakang, dengan cara suap oknum, jasa joki dan sebagainya. Ratusan juta uang disiapkan demi mendapat perguruan yang katanya menjajikan masa depan. Demi memperoleh kursi fakultas yang didambakan tujuan mulia pendidikan diabaikan. Dulu mantan menteri pendidikan Prof. M. Fuad Hasan pernah mengatakan, kalau ingin memberantas korupsi harus dimulai sejak masa TK (Taman Kanak-kanak). Rupanya prinsif mendapatkan pendidikan dengan segala cara inilah salah satu pemicu tumbuhnya mental korup. Karena berhitung biaya sekolah yang mahal dan harus balik modal. Pendek kata selama siswa  sekolah, semuanya serba uang. Para orang tua-pun merasakan bagaimana di tengah sekolah 9 tahun gratis-pun, masih banyak biaya-biaya lain yang diciptakan oknum penyelenggara sekolah. 


Ketika gelar diraih dan pekerjaan digenggam, merekapun mulai berhitung berapa total biaya pendidikan selama sekolah/kuliah atau selama pendidkan di akademi profesi tertentu. Celakanya,  hitung-hitungan gaji dan tunjangan yang diperoleh tidak sesuai besarnya niaya pendidikan, belum termasuk "biaya" mendapatka pekerjaaan. Untuk BEP biaya pendidikannya bisa berpuluh-puluh tahun baru balik modal, bahkan bisa jadi tidak tercapai BEP hingga ahir masa kerja. Dari keadaan itulah mulai tergoda untuk mempercepat BEP, ya salah satu cara mudah dengan menyalahgunakan jabatan alias korupsi. Demikian juga bagi mereka yang memilih karir politik mencadi wakil rakyat atau birokrat dengan bumbu serba uang. Menjadi tidak aneh, jika sistem yang dibangun dan cara yang ditempuh semua dengan mengandalkan keampuhan uang, selama mengelola karirnya, selama menjadi wakil rakyat atau pejabat eksekutif yang ada di pikirannya, “Bagaimana mengembalikan biaya yang mahal itu”. Mengandalkan gaji dan tunjangan tidak mungkin balik modal. Plus gaya hidup glamour yang membutuhkan biaya mahal. Jadilah korupsi tumbuh subur di negeri ini. Tentunya cara yang diuraikan di atas bukan cara yang baik dalam menempuh pendidikan. Bahkan cara itulah yang merusak mental anak bangsa. Hikayat itulah yang telah merubah kiblat manusia menjadi hamba uang.

Pengalaman penulis bisa jadi dialami banyak orang. Saat ini, ada seorang politisi yang getol mengkampanyekan dirinya dengan jargon yang intinya, “Demi Rakyat”, “Untuk Kesejahteraan Rakyat”, "Pro Rakyat". Baligo ditebar di mana mana, janji pembangunan di tulis besar-besar. Dibuat sedemikian rupa untuk mengesankan sosoknya sebagai seorang calon pemimpin yang pro rakyat, peduli rakyat dan seterusnya. Padahal ketika pemilukada (2005), politisi yang lagi berkibar ini, ketika itu bendahara TIM SUKSES salah satu CABUP dari salah satu partai. Kebetulan penulis sebagai pengusaha kecil bersama mitra mendapat order pengadaan logistik kampanye. Dan hingga hari ini, 30 juta lebih tidak dibayar. Saya dengar, ada beberapa pemasok logistik yang juga bernasib sama. Bagaimana mungkin politisi yang dengan enteng lari tanggung jawab mengusung jargon-jargon dan janji politik pro rakyat?. Ups... jadi melantur ya, tema tulisan ini kan soal beasiswa pendidikan. Ya memang sedikit melenceng meskipun ada kaitannya terkait gambaran soal mentalitas yang diproduksi pendidikan, jabatan dan biaya politik dengan cara yang salah kaprah. Artinya, berawal dari pendidikan yang etosnya salah kaprah hanya melahirkan pegawai, profesional, pejabat dan politisi korup yang merugikan rakyat banyak.

Jika kemudian persepsi atau kenyataan yang terbangun bahwa pendidikan di negeri kita mahal, bagaimana nasib para pelajar, akademisi, profesional iptek, yang berkantong pas-pasan bahkan tidak mampu. Boro-boro sekolah keperguruan tinggi yang mahal, buat sehari-hari juga masih susah.  Bagaimana dengan generasi muda dan anak bangsa yang konsisten menjaga kemuliaan konsep, misi dan visi pendidikan. Apa masih bisa melepaskan diri dari belengu budaya yang cenderung melahirkan generasi korup itu. Orang bijak mengatakan, orang cerdas itu, seseorang yang bisa mengatasi masalah tanpa mengeluh. Orang yang bisa menemukan solusi tanpa menabrak prinsif kebenaran yang menjadi ruh ilmu itu sendiri. Jika kita percaya prestasi belajar kita dibangun dari usaha dan kerja keras tanpa nyontek, tanpa KKN, tanpa suap. Kalau kita fokus dengan cita-cita dan ingin lepas dari belenggu keadaan. Kalau kita ingin merubah keadaan menjadi lebih baik serta sukses keluar menjadi pemenang di tengah kompetisi tanpa harus curang. Ada beberapa alternatif sebagai pilihan, berikut ini adalah beberapa opsi, antara lain;


1.   Bersaing kecerdasan ilmu dengan ikut UMPTN untuk mendapatkan Perguruan Tinggi Negeri sesuai pilihan.Lihat saja infonya di sini
2.   Mengikuti tes a untuk mendapatkan beasiswa yang beberapa persen disediakan oleh Perguruan Tinggi Swasta. Untuk info ini, anda tinggal tanya mbah google pasti diberitahu.
3.    Berusaha untuk mendapatkan beasiswa dalam dan di luar negeri dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP. “ Program Beasiswa ini menyasar Warga Negera Indonesia yang punya kemampuan akademik dan kepemimpinan yang tinggi, serta lulus seleksi melaksanakan studi pada program magister dan doktor,” (lihat situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), senin (18/3/2013). Pendaftaran Program Beasiswa sudah dibuka Senin, 11 Maret dan akan ditutup pada Selasa, 30 April 2013. Pendaftaran dilaksanakan secara online dengan mengisi aplikasi pada laman: http://www.lpdp.depkeu.go.id  dan mengunggah dokumen pendukung yang relevan. Persyaratan dan Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa LPDP dapat dibaca selengkapnya pada http://www.beasiswalpdp.org atau http://www.lpdp.depkeu.go.id
4.    Mengikuti Pendidikan dengan beasiswa penuh dari program Beasiswa pemerintah Turki untuk pelajar Internasional. Beasiswa yang ditawarkan meliputi biaya pendidikan penuh, uang saku bulanan, biaya akomodasi, biaya transportasi hingga tunjangan kesehatan. Diprogram ini penerima beasiswa (Scholar) tidak perlu membayar biaya kuliah hingga lulus. Pemerintah Turki juga akan memberi uang saku dengan besaran 500 lira atau sekitar USD300 atau sekitar Rp. 2,9 juta (estimasi Kurs Rp. 9.698 perdolar). Sedangkan untuk mahasiswa S-2 akan mendapat uang saku 750 lira atau setara dengan USD450 atau Rp. 4,3 juta. Sementara bagi mahasiswa S-3 sebesar .1000 lira atau sekitar USD575 atau sekitar Rp. 5,5 juta. Tidak hanya itu, Akomodasi juga akan ditanggung pemerintah Turki, selama mahasiswa tinggal di asrama kampus, kecuali kalau mahasiswa memilih tinggal di luar asrama, tentunya menjadi tanggungjawab sendiri. Mahasiswa juga akan menerima tunjangan kesehatan. Mahasiswa juga mendapat kesempatan belajar bahasa Turki selama satu tahun. Pemeritah Turki menanggung biaya keberangkatan pertama mahasiswa ke Turki dan pulang ke negaranya setelah lulus nanti. Makanya buat para pelajar, dengan modal keyakinan dan kecerdasan intelektual yang kita punya dan sepenuhnya hasil usaha kita, buruan daftarkan diri anda. Ingat, deadline pendaftaranya 31 Maret 2013 untuk program S-2 dan S-3. Sednagkan untuk pelajar menuju jenjang S-1, pedaftarannya akan ditutup 31 Mei 2013.Info lengkap mengenai beasiswa pemerintah Turki silahkan Download di sini
5.    Untuk lulusan sekolah pertanian, terkendala biaya dan ingin menggapai cita-cita melalui sekolah di perguruan tinggi yang berkualitas dengan beasiswa penuh sperti halnya beasiswa dari Turki, dengan berbagai fasilitas alias tanpa biaya apapun. Silahkan unduh link di bawah formulir terkait lengkap dengan segala ketentuan dan aturannya beasiswa dimaksud di link di bawah ini.
6.    Sesungguhnya masih banyak program besiswa yang dapat anda akses untuk mendapatkan pendidikan terbaik bagi terwujudnya masa depan lebih baik tanpa KKN. Beberapa diantaranya dapat diakses dari beberapa kementerian RI, seperti melalui Departemen Agama dan Kedubes negara sahabat. Beasiswa S1 untuk Santri tidak perlu diuraikan di sini karena sudah di posting. Silahkan saja di lihat di sini.

Singkatnya, banyak jalan menuju roma. Banyak cara menggapai cita-cita yang penting memiliki kemauan dan sungguh-sungguh. Ukurannya tidak hanya harus banyak uang. Justru sekolah atau kuliah yang etos awalnya diukur oleh uang dan tujuannya semata-mata untuk mencari uang cenderung melahirkan pribadi yang bermental korup, merugikan diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Anda tentu ingat kisah tiga profesor, yang satu mau sekolah bekalnya hanya sekepal nasi putih dan garam, yang satunya agar punya bekal sekolah jadi buruh mengumpulkan kelapa yang di panen, yang satunya lagi bukan profesor tapi kualifikasinya menurut penulis setingkat profesor, yang sekolah tanpa alas kaki dan karena jauh di tengah terik matahari ga punya uang terpaksa mencuri tebu di perkebunan tebu hanya untuk mengusir dahaga. Merak semua dari keluarga tidak mampu. Dan Jalur beasiswa menjadi alternatif keberhasilannya sukses di dunia akademi.

Pengertiannya bukan berarti sekolah berbasis biaya tidak baik. Selama itu ditempuh dengan cara-cara yang prosedural, wajar dan didapat dengan cara yang benar dan sehat,  plus jika anda mampu secara ekonomi, sah-sah saja jika anda memilih jalur berbiaya. Untuk info kuliah di luar negeri agar mendapat guide yang pas anda bisa kunjungi web yang bisa bantu anda dapatkan sekolah yang baik. Karena inti sekolah itu melaksanakan kewajiban menuntut ilmu. Jika langkah yang kita tempuh baik, Insya Allah jalan mendapatkan rejekipun akan baik dan barokah. 



Berikut ini info beasiswa sekolah di seluruh dunia yang dapat anda jadikan pilihan;


1.    PhD Beasiswa bagi mahasiswa internasional untuk pemahaman Muslim dan Non Muslim di Australia.
Penerima beasiswa harus terdaftar secara penuh waktu sebagai calon untuk Master dengan program Riset atau PhD di University of South Australia. Pemohon dapat mengajukan permohonan untuk beasiswa ini. Beasiswa tersebut senilai AU $ 30.000 per tahun dan bebas pajak. Anda tertarik untuk mendapatkan beasiswa ini, silahkan kunjungi langsung info dan aplikasisa beasiswanya di sini info ini online di sini

2.    Beasiswa PhD 2013 bagi siswa internasional IMT Institute di Italia.
Bagi anda yang ingin sekolah di kota mode, beasiswa dari IMT Institute Itali adalah tempat yang cocok untuk menjadi pilihan anda. Aplikasi beasiswa ini terbuka untuk calon tanpa memperhatikan kebangsaan, umur, jenis kelamin atau agama. Beasiswa ditawarkan mulai dari 13,638.47 € / tahun. Pelamar dievaluasi oleh panitia seleksi dari program di mana mereka berniat untuk mendaftar dengan dasar janji mereka sebelumnya yang memiliki kinerja dan profesional, dibuktikan oleh catatan akademis sang calon penerima beasiswa dan data terkait lainnya yang mereka kirimkan. Aplikasi harus diserahkan sampai 17 Juli 2013 di 6:00 pm (waktu Italia). Informasi dan aplikasi lengkap dapat anda eroleh di sini

3.    Pada tahun 2013 Chinese Academy of Sciences (CAS) dan Twas menawarkan lima belas Beasiswa Visiting.
Chinese Academy of Sciences (CAS) dan Twas menawarkan lima belas Besaiswa Visiting. Beasiswa ini ditawarkan kepada semua siswa dari Negara Berkembang (selain China). Program ditawarkan untuk bidang ilmu alam dan dapat dipertahankan untuk jangka waktu minimal satu sampai maksimal tiga bulan di lembaga-lembaga penelitian dari Akademi Ilmu Pengetahuan China. Pemohon mengajukan permohonan beasiswa harus usia maksimum 55 tahun pada tanggal 31 Desember tahun aplikasi. Untuk informasi yang lebih jelas tentang beasiswa dimaksud silahkan anda online di sini VS Application Form  sedangkan panduan beasiswanya dapat anda link di sini. Official informasi dan aplikasinya klik di sini

4.    Pemerintah Cina berbagi Beasiswa 2013
Departemen Pendidikan PR China menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional. Beasiswa  Untuk mendapatkan Formulirnya silahkan klik di sini

Beasiswa dari Pemerintah Slovakia untuk Negara Berkembang
Pemerintah Republik Slovakia setiap tahun menawarkan   beasiswa bagi negara-negara berkembang   siswa. Dua. Silahkan links langsung di websitenya klik di sini

6.    Beasiswa Pascasarjana 2013 dari Unversity of Sydney, Australia
University of Sydney Business School menawarkan beasiswa pascasarjana bagi siswa nasional dan internasional di bidang Perdagangan, Akuntansi Profesional, Sumber Daya Manusia. Informasi Biasiswa dapat anda kunjungi di web Klik di sini atau aplikasi beasiswanya Klik di sini

7.    Beasiswa MBA di Bisnis Internasional di Italia 2013
Sekolah MIB Manajemen Trieste menawarkan beasiswa program MBA. Bagi para wanita Internasional yang ingin melamar, dapat mengajukan permohonan untuk beasiswa ini. Silahkan Klik di sini

8.    Beasiswa Master dan PhD 2013 dari UMGF
University of Manitoba Graduate Fellowships (UMGF) menawarkan kepada siswa internasional untuk memperoleh gelar Master dan PhD. Klik di sini atau untuk aplikasi beasiswa dimaksud silahkan aja Klik di sini

9.    Beasiswa 2013 bagi para ilmuwan dari Negara-negara Berkembang (selain Malaysia).
Untuk form silahkan klik di sini. Untuk panduannya klik di sini Sedangkan Informasi dan aplikasi program beasiswa dapat diklik di sini

10.  Beasiswa dari Republik Makedonia
Republik Makedonia mengumumkan panggilan untuk aplikasi untuk beasiswa sarjana penuh 2013/2014 dan tersedia untuk mahasiswa asing. Boleh dilihat infonya di sini Form aplikasi beasiswa klik di sini sedangkan untuk informasi beasiswa dan aplikasinya silahkan link di sini

11.  Beasiswa dari Universitas of Cambridge
Cambridge-Afrika Alborada pada tahun 2013 memberi kesempatan kepada ilmuwan yang ingin melakukan penelitian dengan hibah dana penelitian untuk peneliti utama di University of Cambridge. Aplikasi onlinenya silahkan di isi dan dikirimkan. Jika anda minat kliks applikasinya di sini selanjutnya dapat di klik di sini .

12.  Beasiswa Master 2013 dari Manchester Business School
MBS menawarkan beasiswa master untuk siswa Inggris / Uni Eropa / siswa Internasional. Penghargaan beasiswa mencapai £ 5.000 masing-masing terhadap biaya kuliah. Minat sekolah di negeri pangeran Charles? silahkan klik aplikasinya di sini

13.  University of Brighton di tahun 2013 menawarkan empat beasiswa penelitian internasional untuk siswa penelitian internasional di semua bidang studi.
Beasiswa ini diperuntukkan bagi ilmuwan dan peneliti. Jika anda ilmuwan peneliti silahkan mendapatkan kesempatan ini dengan mengajukan permohonan beasiswa, info dan aplikasinya di sini.

14.  Beasiswa dari University of London
The Institute of Education, University of London dalam kemitraan dengan Yayasan Aga Khan di Kenya menawarkan 15 beasiswa. Beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa dari Kenya, Uganda, Tanzania dan Rwanda untuk mengejar program master. Beasiswa disediakan untuk program MA dalam Pendidikan & Pembangunan Internasional, Pendidikan, Gender dan Pembangunan Internasional, Pendidikan, Promosi Kesehatan & Pembangunan Internasional dan Perencanaan Pendidikan, Ekonomi dan Pembangunan Internasional. Semua aplikasi untuk penghargaan ini harus dilakukan melalui Aga Khan Foundation di Kenya, dan bukan melalui IOE atau Commonwealth Komisi Beasiswa. Langsung aja buat sohib di benua Afrika link di sini atau informasi terkait dan aplikasinya melalui online.

15.  London South Bank University menawarkan Beasiswa untuk mahasiswa pascasarjana.
Setiap tahun sampai dengan 12 beasiswa yang ditawarkan kepada Inggris, Uni Eropa atau mahasiswa internasional yang akan menerima hingga £ 4.000 untuk biaya program tingkat Master penuh atau gelar Riset. Siswa dapat mengajukan permohonan beasiswa jika mereka memeuhi tawaran bersyarat atau tanpa syarat untuk salah satu program pascasarjana LSBU yang dimulai pada tahun 2013/2014. Silahkan download aplikasi formnya di sini

16.  Curtin University Australia mengumumkan beasiswa untuk Mahasiswa sarjana dan pascasarjana.
Pelamar harus mendaftarkan diri dalam kursus ELB Curtin intensif mulai 21 November 2013. Para siswa dari Hong Kong, Indonesia dan China dapat mengajukan permohonan untuk beasiswa tersebut. 10 beasiswa untuk siswa dari cina, 6 beasiswa untuk siswa dari Indonesia dan 4 beasiswa bagi siswa dari Hong Kong yang ditawarkan. Beasiswa ini menyediakan 100 persen biaya pendidikan dari Bahasa Inggris Bridging Course intensif. Untuk administrasi dan aplikasi beasiswa, silahkan online di sini dan di sini

17.  Manchester Business School pada tahun 2013 menawarkan beasiswa untuk program master di Inggris. 5 beasiswa ditawarkan dengan nilai sebesar £ 10.000 masing-masing untuk biaya uang sekolah. Beasiswa akan diberikan kepada pelamar yang mampu menunjukkan prestasi akademis baik. Semua pelamar yang memegang tawaran otomatis akan dipertimbangkan untuk beasiswa. Semua pelamar yang memenuhi syarat yang memegang tawaran akan secara otomatis dipertimbangkan untuk beasiswa. Informasi dan aplikasi selengkapnya dapat anda link langsung di sini

18.  University of East London menawarkan Beasiswa Tuition Fee 2013.
Para siswa internasional dapat mengajukan permohonan untuk beasiswa ini. University of East London sedang mencari kandidat yang luar biasa. Apakah anda mahasiswa dengan prestasi yang luar biasa. Jika ya, silahkan lihat infonya di sini atau segera layangkan lamaran anda di sini

19.  Beasiswa 2013 dari Edith Cowan University.
Departemen Hubungan Pendidikan, Pekerjaan dan Tempat Kerja (DEEWR) menawarkan Endeavour Awards Pascasarjana di Edith Cowan University di Australia. Beasiswa diberikan untuk setiap bidang studi di Australia. Beasiswa ini tersedia untuk mengejar master atau PhD tingkat sarjana di Edith Cowan University. Siswa internasional dapat mengajukan permohonan untuk beasiswa ini. Jangan lupa, batas waktu pendaftaran sampai dengan 30 Juni 2013. Untuk informasi atau aplikasi program lebih lanjut anda dapat mengunjungi link di sini

Nah apalagi alasan generasi muda termasuk ilmuwan sejati, dan profesional bersih untuk tidak bisa melanjutkan prestasi akademisnya karena alasan biaya. Mengapa mengutuk gelapnya malam, bukankah lebih baik menyalakan lilin.  Berpikir positif dengan keadaan ekonomi bagi yang merasa kekuarangan merupakan pilihan yang bijak. Kita tidak mengetahui apa di balik semua keadaan yang kita alami, semuanya rahasia Allah. REJEKI itu hak prerogatif Yang maha Kuasa. Dia dengan ke-Maha Kuasaannya dapat memberi jalan lain untuk seseorang berhasil meraih cita-cita hidupnya. Bukankah kehidupan sering berbalik-balik. Yang mencintai harta diberi tapi hidupnya tidak bahagia, dirundung penyakit bahkan ada yang tidak berumur panjang. Lalu untuk apa harta yang dicintainya. Yang Banyak harta tidak dikarunia kecerdasan sehingga jalan pendidikannya keliru dan menghalalkan segala cara. Begitu juga sebaliknya, tidak sedikit berangkat dari keluarga tidak mampu justru sukses pendidikannya. Sukses jalan hidupnya, sukses karirnya. Jika ada yang masih belum sukses padahal telah memilih jalan yang baik, yakinlah itu hanya soal waktu atau Allah punya rencana lain yang terbaik untuk kita.  

Begitu juga bagi yang ingin meraih sukses pendidikan, semua alternatif solusi sudah terbuka di depan mata. Ayo buktikan bahwa kita bisa, prestasi kita layak mendapat apresiasi. Jika di negeri sendiri masih sulit atau terlalu sedikit dibanding peminat beasiswa. Di seberang, di negeri orang sana, masih berserakan beasiswa bagi yang ingin mengejar cita-cita sukses pendidikan tanpa harus mengikuti budaya bersekolah atau menempuh kuliah dengan cara yang salah sebagaimana diuraikan di awal tulisan ini.

Semoga informasi tentang beasiswa (scholarship) ini bermanfaat bagi generasi muda, akademisi dan ilmuwan Indonesia.

Jika anda menilai materi tulisan ini baik dan bermanfaat, sebarkan informasi ini ke sanak khalayah, rekan dan sahabat kita. Like dan Share postingan ini dan bagikan (share) informasi ini ke jejaring sosial dan web anda. Itu artinya kita telah berbuat satu kebaikan bagi pendidikan dan masa depan generasi kita.