Sabtu, 31 Desember 2011

Investasi Sumber Daya Manusia

Investasi Sumber Daya Manusia:
Berpijak pada peran strategis suatu bangsa untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Diperlukan sebuah usaha yang komprehensif untuk menciptakan sumber daya manusia yang baik. Usaha tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu melalui proses pendidikan. Pendidikan merupakan hak seluruh masyarakat Indonesia. Pada hakikatnya Pendidikan sesuai dengan undang-undang nomor 20 tahun 2003 Pasal 1 ayat 1 merupakan proses usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Potensi yang dimiliki oleh setiap manusia harus di eksplor secara menyeluruh dengan berbagai cara. Berangkat dari observasi kelas Ohio State University (USA), peserta didik dipacu kreativitasnya dengan meminimalisir pakem-pakem berpikir yang kuno. Peserta didik diperlakukan sejajar dan seperti teman. Kedekatan membuat mereka berani mengungkapkan sesuatu dan berperilaku seperti teman sendiri. Dosen (tenaga pendidik) memposisikan sejajar dengan peserta didik. Peserta didik diberikan kesempatan untuk berunjuk pikiran. Mereka mendewasakan kerangka berpikir dan perilaku satu sama lain.

Teringat selalu kata sambutan yang disampaikan oleh Wakil Duta Besar RI Bapak Salman Al Farisi pada pertemuan dengan Visiting Scholar hari Senin, 5 Desember 2011, bahwa posisi Indonesia sangat stretagis dalam membangun kerjasama dengan Amerika, termasuk di bidang Pendidikan. Pemerintah Amerika dan Indonesia sepakat untuk saling mendukung peningkatan kualitas pendidikan, dengan berbagai cara diantaranya pertukaran mahasiswa, peningkatan kualitas dosen (S2 & S3), short course, dan kegiatan lainnya. Peluang tersebut menjadi jalan untuk terjadinya peningkatan mutu dan produktivitas sumber daya manusia.

Program Visiting Scholar (Sandwich, Bermutu, dan PAR) Berdasarkan pengalaman mengikuti program Visitng Scholar tahun 2011, program ini sangat memberikan kontribusi positif......Selanjutnya Klik di sini